Pantai Nglambor

Sebagai daerah pegunungan yang terletak di selatan pulau jawa, Gunung Kidul memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, pantai merupakan salah satu daya tarik wisata Gunung Kidul. Pantai Nglambor salah satunya.

 

Di antara puluhan pantai yang ada di Gunung Kidul, Pantai Nglambor menawarkan pesona akuarium raksasa yang khas. Berbeda dengan pantai – pantai lainnya, di pantai ini pengunjung tidak hanya dapat bermain-main dengan ombak pantai serta menikmati panorama cakrawala Samudra Hindia, tetapi juga mendalami kekayaan biota pantai melalui snorkling. Pantai Nglambor merupakan kawasan pantai yang aman untuk melakukan snorkling karena ombaknya yang tidak terlalu besar jika dibanding dengan pantai di kawasan Gunung Kidul lainnya.

Snorkling Pantai Nglambor, pict from jogja.tribunnews.com

Snorkling Pantai Nglambor, pict from jogja.tribunnews.com

Spot Pantai Nglambor

Ombak Samudra Hindia yang biasanya garang ditenangkan oleh keberadaan dua batu karang besar di Pantai Nglambor. Keberadaan dua batu karang yang dinamai Watu Kalong dan Watu Kuntul ini membuat Pantai Nglambor tampak seperti laguna, yang memecah ombak besar dari laut lepas menjadi gelombang yang lebih tenang. Selain ombaknya yang lebih tenang, Pantai Nglambor merupakan lokasi yang cocok untuk pemula karena di bawah air laut yang tidak terlalu dalam ini, traveler dapat melihat beragam kekayaan flora dan fauna laut secara langsung.

 

 

Kekayaan flora dan fauna laut di Pantai Nglambor masih terjaga kelestariannya karena kesadaran penduduk setempat yang tinggi akan pentingnya menjaga laut. Setiap pagi, penduduk setempat melakukan ritual sedekah ‘Ngalangi’. Dalam bahasa jawa, ngalangi berarti menghalangi. Maksud dari sedekah ngalangi ini tak lain adalah untuk menghalangi tangan-tangan jahil manusia yang merusak kelestarian laut. Penduduk pun hanya memancing ikan di pantai ini setiap setahun sekali dengan alat tradisional yang tidak merusak ekosistem laut.

Pantai Nglambor, pict from 3.bp.blogspot.com

Pantai Nglambor, pict from 3.bp.blogspot.com

Retribusi Pantai Nglambor

 

Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Nglambor, traveler cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Tiket masuk ini juga berlaku untuk mengunjungi Pantai Siung dan Pantai Jogja. Sangat terjangkau, bukan? Hanya dengan segoceng, Anda sudah dapat mengunjungi tiga pantai memesona sekaligus.

 

Untuk dapat melakukan snorkling, traveler tak perlu repot mencari alat yang diperlukan karena terdapat dua penyedia jasa sewa alat snorkling di pantai ini yaitu Bintang Nglambor Snorkling dan Pokdarwis Nglambor Lestari. Untuk menggunakan jasa BNS (Bintang Nglambor Snorkling), Anda cukup membayar Rp 50.000 dan sudah mendapatkan sewa masker, snorkel, sepatu karet, life jacket, foto under water dan up water 3-5 kali take per orang, guide, dan teh panas).

 

Lokasi Pantai Nglambor

 

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Dari Piyungan, pantai ini kurang lebih masih berjarak 1,5 jam. Untuk mencapai pantai ini, traveler harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum yang melintasi. Jika Anda berkunjung ke Jogja tanpa menggunakan kendaraan pribadi, atau jika Anda berkunjung bersama rombongan, ada baiknya menggunakan jasa sewa mobil jogja atau rental mobil jogja. Traveljogja.Net merupakan salah satu penyedia jasa sewa mobil di yogyakarta professional dan terpercaya di Jogja. Trust us to handle your safe trip.

Join This Conversation